Cara membuat kepanitiaan sebuah acara
Salah satu kegiatan ketika kita berorganisasi adalah membuat acara, karane dengan adanya suatu acara dalah salah satu cara untuk menyalurkan ide ataupun untuk membantu orang lain, dan juga untuk menunjukkan eksistensi suatu organisasi. Tapi ini menjadi masalah bagi kader baru ataupun anggota baru suatu organisasi. Berikut adalah urutan membuat acara yang biasanya dilaksanakan
1.
Membuat konsepan acara
Membuat konsepan acara
adalah yang paling penting ketika akan melaksanakan suatu acara. Didalam
organisasi pasti ada pengurus inti dan bertanggung jawab akan suatu acara.
Misalkan dalam HMI ada bidang PTKP mereka bertanggung jawab dengan acara temu
alumni. jadi bidang tersebutlah yang wajib mengkonsep bagaimana acara nanti akan
terlaksana. Biasanya suatu bidang ini akan dinamakan SC (stering comite)
2.
Pembentukan panitia
Pembentukan pantia
dilakukan secara musyawarah. Untuk tetap menjaga indepedensi maka pembentukan
panitia dilakukan tanpa menunjuk orang tapi dengan kesadaran diri untuk mau
menempati posisi-posisi yang telah ada. Nantinya kepanitian ini akan dinamakan
OC (organizing comite). Panitia yang dibentuk pada umumnya disesuakan dengan jenis
acara yang akan dilaksanakan. Tapi pada umumnya panitia yang dibentuk adalah
ketua panitia, sekertaris panitia, bendahara panitia, dan seksi-seksi atau
devisi-devisi. seksi-seksi atau devisi-devisi yang biasa dibentuk seksi acara,
seksi perlengkapan, seksi sekertariatan, seksi pubdekdok (publikasi dan
dekorasi), seksi humas (hubungan masyarakat), seksi konsumsi. Dan seksi-seksi
lain yang mungkin dibutuhkan saat acara. Untuk tugas dan fungsi masing-masing
sie akan saya posting setelah ini.
3.
Rapat-rapat konsolidasi
Rapat konsolidasi ini
penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persiapan acara yang akan
dilaksanakan. Rapat ini disepakati bersama kapan waktu pelaksanaannya setelah
rapat pembentukan kepanitian. Rapat konsolidasi selain melaporkan hasil kerja
setiap sie, juga dijadikan moment untuk memberi tugas-tugas baru yang harus
dilaksanakan setiap sie dan deathline kapan selesai tugas itu. Setelah semua
itu dilakukan maka akan ditetapkan kapan rapat konsolidasi lanjutan.
4.
Pelaksanaan acara
Pelaksanaan acara
tergantung dari persiapan semua seksi yang telah bekerja untuk terlaksananya suatu
acara agar maksimal. Tetapi dilapangan harus banyak improfisasi ketika menghapi
berbagai situasi yang kita tidak duga akan terjadi. Hanya pengalaman yang akan
melatih kita untuk dapat mengatasi masalah tersebut dengan benar dan bijak.
Setelah acara selesai jangan lupa adakan evaluasi untuk apa-apa yang kurang
dalam pelaksanaan acara dari awal kepanitian sampai akhir acara berakhir.
Selamat mencoba, kalau ada
masukan atau coment dari kawan-kawan saya persilahkan. Karena saya adalah orang
baru diorginasasi.
No comments:
Post a Comment