Thursday, July 26, 2012

Hal-hal yang seseorang harus lakukan pada saat awal jadi mahasiswa


Jenjang seseorang memutuskan diri untuk menjadi mahasiswa berarti dia berani untuk mengambil resiko hidup mandiri. Menjadi seorang mahasiswa bukan hanya belajar untuk mencari ilmu tetapi juga belajar untuk hidup (yang jauh dari orang tua). Ini beberapa hal yang harus seseorang lakukan ketika menjadi mahasiswa.
1.       bergabung di OMEK (Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus)
Organisasi ekstra kampus banyak macam dan janisnya. Tapi ketika akan masuk ke dalam organisasi ekstra kampus sesuaikan dengan tujuanmu dan ideology kamu. Karena organisasi ekstra kampus akan sangat mempengaruhi bagaimana seorang berpikir atau edeologi. Karena itu memilih OMEK harus selektif dan hati-hati. Beberapa OMEK yang sudah menjamur dimana-mana yaitu HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), KAMMI, PMII, IMM, GMNI, HTI dan ada yang lain yang mungkin belum tersebutkan. Mengapa penting ikut dalam organisasi ? karena dari pemantauan penulis orang yang dapat berprestasi dibidang akademik  dan mempunyai kecakapan (soft skill) selain akademik itu kebanyakan orang mengikuti OMEK. Karena dari segi retorika, kepekaan social, dan link mereka pasti lebih unggul dari mahasiswa lain yang hanya pulang pergi kekampus.
2.                                    adaptasi dengan lingkungan kampus
mengenal lingkungan sekitar adalah hal juga yang sangat penting dilakukan untuk bisa bertahan hidup secara mental maupun fisik dilingkungan yang baru. Lihat karekter dosen dan mahasiswa lainnya, ambil yang baik-baik saja dan hapus yang bisa membuat diri kamu tersesat ke jalan yang gelap.
3.                                      hati-hati dalam berteman
teman adalah kunci dari hidup kita di lingkungan kampus. Karena teman yang akan selalu disamping kita. Teman sangat berpengaruh terhadap perilaku dan gaya hidup kita selama di lingkungan kampus. Banyak kasus yang menunjukkan karena salah pergaulan seseorang menjadi hilang atas dirinya, bukan saja itu bisa saja tujunnya untuk berkuliah juga akan hilang. So selektif dalam memilih teman yang harus diawali dengan hati-hati memilih kost.
4.                                     mempunyai target
target ini yang jarang orang lakukan ketika hidup. Kamu harus punya target harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Tulis di kertas yang besar dan pasang didinding kamarmu, biarkan orang yang melihatnya ikut mendoakan dan jangan patah arang kalau impianmu ditertawakan. Tetaplah semangat dan buktikan kalau kamu mampu.
5.                                   ibadah yang rajin dan jangan pacaran dulu ^_^
ini yang terkhir
have nice day…
semoga bermanfaat

2 comments: